Rabu, 12 Juli 2017

Tips Memilih Lensa Kamera Terbaik Untuk Traveling

Tipe Memilih Lensa - Traveling begitu erat hubungannya dengan photografi, terutama dengan adanya banyak ketersediaan camera yang terintegrasi dengan bermacam gadget yang gampang dibawa waktu traveling di waktu saat ini. Satu diantara hal perlu dalam photografi yaitu lensa, bukan sekedar material elemen optic lensa yang dipakai untuk membuat gambar yang berkwalitas, tetapi ada juga spesifikasi beda pada lensa itu yang ditujukan untuk semasing langkah pengambilan gambar.

Banyak hal tersebut butuh di perhatikan dalam pilih lensa yang juga akan Kamu bawa waktu traveling ;

1. Berat
Saat travelling, membawa banyak lensa jadi semakin banyak semakin berat. Kesibukan traveling seringkali memaksa kita membawa banyak barang bawaan untuk dipakai selama perjalanan. Untuk membawa perlengkapan photografi waktu traveling, kita harus juga memperhitungkan berat semasing sisi yang dibawa. Seumpama untuk body camera DSLR saja rata-rata seberat 700 gr.

Dengan 1 buah lensa yang mempunyai berat 800 gr, jadi dapat disebutkan Kamu juga akan membawa camera serta lensa dengan berat 1. 500 gr atau 1, 5 kg. Belum juga bila Kamu mempunyai body camera cadangan serta sebagian lensa yang lain dalam ransel. Terkecuali butuh kehatian-hatian dalam menggendongnya, juga membutuhkan stamina lebih untuk membawanya waktu beralih tempat.

Bila sesuai sama itu, padatnya itinerary dengan berkeliling-keliling dari pagi sampai sore atau bahkan juga sampai malam hari, pastinya akan membuat tangan Kamu merasa butuh pijatan sebelumnya tidur. Pastikan lensa dengan berat yang telah umum Kamu rasakan di sehari-harinya, sudah pasti Kamu tidak mau pergelangan tangan Kamu merasa pegal selesai aktivitas traveling pada akhir minggu, bukan?

2. Ukuran
Ukuran dapat jadi problem saat kamu travelling dengan membawa lensa besar. Terkecuali berat, tiap-tiap lensa juga mempunyai ukuran semasing yang butuh di perhatikan saat juga akan kita bawa saat traveling. Ukuran lensa juga akan memengaruhi gerak Kamu dalam melakukan aktivitas dan ketersediaan ruangan dalam ransel.

3. Aperture Lensa
Semakin kecil angkanya jadi semakin besar bukaan lensanya. Lensa cepat mempunyai bukaan yang besar, seperti f/2. 8 atau semakin besar. Bukaan besar bermakna semakin banyak sinar yang masuk lewat lensa menuju sensor camera. Hal semacam ini bermakna kalau lensa dengan bukaan besar juga akan menolong kamu dalam ambil gambar dengan lebih cepat.

Lensa dengan bukaan lebar juga dapat membuat Kamu ambil gambar dengan ISO yang lebih rendah hingga meminimalkan noise. Bukaan lensa kamera yang besar pada lensa akan memudahkan Kamu untuk proses ambil gambar pada keadaan sinar rendah, seperti didalam ruang atau waktu malam hari. Malam hari adalah hal yang indah untuk diabadikan dengan bermacam objek, dari mulai lampu kota, lampion waktu festival, bahkan juga memphoto milky way.

4. Focal Length Lensa
Panjang fokal length pada lensa kamera juga akan memengaruhi pojok pandang yang diperoleh. Focal length lensa yaitu jarak (mm) dari sisi tengah elemen optik lensa dengan sensor pada camera. Makin kecil angka focal length jadi juga akan makin lebar pojok pandang yang terekam oleh sensor camera (lensa wide), makin besar angka focal length jadi juga akan makin sempit pojok pandang yang dapat direkam oleh sensor camera (lensa tele).

5. Lensa Zoom vs Lensa Fix
Lensa fix (kiri) serta lensa zoom (kanan) adalah satu pilihan yang susah untuk mana yang juga akan dibawa waktu travelling. Lensa zoom juga akan memudahkan Kamu dalam lakukan pembesaran objek photo kamu tanpa ada butuh bergerak maju mendekat pada objek. Type lensa zoom juga akan pas pada Kamu malas beralih tempat saat memphoto, atau Kamu telah ada di ujung tebing pantai untuk memphoto beberapa peselancar.

Lensa zoom juga beragam, dari mulai rentang focal length yang pendek seperti tokina 12-24mm atau lensa dengan rentang focal length panjang seperti canon 18-200mm. Lensa fix cuma mempunyai satu focal length, seumpama 50mm. Lensa fix memaksa Kamu untuk lebih berkreasi dengan melangkahkan kaki Kamu, baik untuk mendekat atau menjauhi objek yang juga akan kita ambillah. Ada satu terbatasnya dengan focal length lensa fix ini, tetapi ada juga satu keseruan serta tantangan sendiri dalam memakai lensa fix waktu traveling. Kamu sukai yang suka photografi human interest? Lensa fix dapat jadi satu pilihan menarik.

6. Weatherseal Lensa
Dengan terdapatnya feature mutakhir seperti weatherseal, kelembapan serta debu juga akan susah masuk kedalam lensa kamu. Sebagian lensa (terlebih yang mahal, walaupun tidak semuanya) memilki feature yang dimaksud dengan ‘weatherseal’. Weatherseal membuat lensa Kamu tahan pada kelembapan serta debu. Pas untuk kamu yang punya kebiasaan megunjungi beberapa tempat dengan suhu udara rendah serta penuh debu.

Meskipun dengan feature weatherseal ini lensa Kamu semakin lebih aman dari kelembapan serta debu, sebaiknya Kamu tetaplah menghindari lensa dari beberapa keadaan ekstrim itu pada lensa Kamu.

7. Harga Lensa
Setelah kita melihat jenis lensa yang akan kita butuhkan selama traveling, maka anda mulai memperhatikan Daftar Harga Lensa Kamera Terbaru yang anda inginkan. Ini dikarenakan di beberapa toko kamera yang menjual lensa kamera, mematok harga yang berbeda meskipun mereka menjual varian atau jenis lensa yang sama. Dengan melihat harga, anda tidak akan salah dan menyesal dikemudian hari atau bisa dibilang rugi karena anda mendapatkan lensa kamera yang mahal, padahal di toko lain dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal yang paling gampang untuk memastikan lensa yang juga akan Kamu bawa saat travelling yaitu type objek apa yang juga akan kamu ambillah saat kamu travelling. Tempat yang bertopik alam umumnya lebih pas dengan memakai lensa ‘wide’ karna Kamu semakin lebih gampang dalam ambil langit serta bumi dalam satu frame. Seumpama Kamu juga akan memphoto bunga edelweiss dengan latar belakang pegunungan serta langit biru di atasnya, jadi lensa ‘wide’ jadi pilihan pas.

Lensa ‘wide’ mempermudah untuk ambil foreground serta latar belakang yang cocok. Disamping itu, bila Kamu type orang yang suka traveling pada malam hari, bawalah lensa dengan ‘bukaan lebar’. Keadaan sinar saat malam hari yang rendah membuat Kamu mesti memakai lensa itu untuk memperoleh hasil maksimum. Janganlah lupa pakai tripod untuk menangkap sinar malam supaya gambar lebih tajam saat memakai kecepatan rana yg tidak dapat Kamu antisipasi. 

Traveling saat malam hari membutuhkan lensa bukaan lebar supaya lebih gampang dalam memperoleh gambar yang rendah noise. Bila Kamu traveler yang hoby bertandang ke festival budaya, jangan sampai tinggalkan lensa zoom dengan rentang focal yang panjang untuk memudahkan Kamu memperoleh gambar tanpa ada mesti beralih tempat.


Tetapi apabila Kamu menginginkan hasil dengan pojok pandang berlainan, lensa fix juga direferensikan untuk temani aktivitas travelling Kamu pada tempat itu. Selain memperhatikan jenis lensa, memang pemantauan harga lensa kamera terbaru juga cukup penting. Selain untuk menyamakan dengan budget yang anda miliki juga bisa menjadi acuan anda untuk menabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar